SISWI SMKN 3 JOMBANG

  

SMKN 3 JOMBANG-Di blog saya kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya menjadi siswi di SMKN 3 JOMBANG. SMKN 3 Jombang.

SMKN 3 JOMBANG atau di Jombang dulu lebih dikenal dengan STM negeri  adalah tempat saya belajar dan menempuh ilmu kurang lebih untuk 3 tahun. Banyak hal yang menyenangkan disana. Di tempat itu saya bertemu dengan banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. 

Seperti apa sih SMKN 3 Jombang itu? 

SMK Negeri 3 Jombang adalah sekolah menengah kejuruan yang terletak di Jl. Patimura,No 6,Sengon Kabupaten Jombang. SMK yang ramah lingkungan bergelar adiwiyata Nasional. SMKN 3 Jombang saat ini memiliki kurang lebih 10 jurusan atau program kahlian.Sekolah dengan luas kurang lebih 4 hektar ini didirikan pada tanggal 30 Juli 1980. Sekolah dengan bidang keahlian teknolgi rekayasa berakriditasi A. SMKN 3 Jombang juga merupakan SMK rujukan di Jombang. SMKN 3 Jombang juga memiliki banyak ekstrakulikuler seperti Pramuka Wajib,Basket,Volly,Paskibraka,Sepak Bola dan masih banyak lagi.

 

 Kenapa saya memilih SMK Negeri 3 Jombang sebagai sekolah pilihan saya? 

Sedikit cerita dulu waktu 9 SMP saya mulai tertarik dengan dunia IT atau komputer. Dan saya mulai mencari informasi tentang sekolah negeri dengan jurusan tersebut. Ada 2 pilihan saat itu yaitu jurusan multimedia di sekolah kakak saya dan jurusan TKJ di SMK negeri 3 Jombang. Berhubung saya tidak ingin satu sekolah lagi dengan kakak saya maka saya memilih jurusan TKJ yang ada di SMKN 3 JOMBANG.Selain itu sekolah dengan siswa sebanyak kurang lebih 1600 itu adalah salah satu SMK terbaik di kabupaten Jombang. Selain itu semua jurusan di SMKN 3 Jombang terakreditasi A.

 

Apa enak dan gak enaknya jadi siswi di SMKN 3 Jombang?

Di SMKN 3 Jombang itu mayoritas siswanya adalah laki-laki. Bagi kamu yang sedikit pemalu awalnya kamu akan sedikit tidak nyaman dengan perbandingan antara siswi dan siswanya namun lama kelamaan kamu juga akan terbiasa. Enaknya menurut pengalaman pribadi saya, kamu akan jarang di suruh angkat meja,buku atau lainnya dan kamu juga akan jarang disuruh maju kedepan untuk menjawab pertanyaan karena kebanyakan guru akan menyuruh para siswa laki-laki apalagi yang ada di bangku belakang untuk menjawab soal.

Enaknya sekolah di SMKN 3 Jombang kalian akan punya banyak teman dan ketemu banyak orang yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Dan punya banyak teman laki-laki itu menurut saya menyenangkan. Mayoritas dari mereka memiliki solidaritas yang tinggi apalagi pada teman sekelas mereka. 

Keuntungan lainnya adalah saat belajar kelompok atau pergi bersama kita tidak akan kerepotan mencari tebengan hehehe.

Gak enaknya adalah masalah piket karena siswa laki-laki kebanyakan susah banget disuruh nyapu. Kebanyakan kalau disuruh piket mereka hanya akan menghapus papan tulis. Dan gak enaknya lagi adalah kamu akan sedikit kesulitan memilih ekstra. Sewaktu SMP saya aktif di ekstrakulikuler basket namun saat di SMK karena keterbatasan siswi yang ada dan yang minat pada ekstrakulikuler tersebut membuat saya tidak lanjut untuk mengikuti ekstrakurikuler basket.Mungkin untuk ekstra ini menurut saya saja karena sebenarnya masih banyak ekstra lain yang menarik. Dan lagi gak enaknya jadi siwi disini saat upacara kamu akan selalu ada dibarisan depan. Selain karena perempuan faktor lain yang mendukung kamu ada dibarisan depan adalah rata-rata laki-laki memiliki tinggi bandan yang lebih ketimbang para siswi perempuan .

 

karena dulunya adalah sekolah khusus laki-laki. Apa siswi disini dibeda-bedakan(dideskriminasi)?

menurut saya tidak sama sekali siswi di SMKN 3 Jombang ini bahkan juga memakai seragam bercelana. di SMKN 3 Jombang juga ada kelas renang yang harus diikuti seluruh siswa baik perempuan maupun laki-laki. Pada saat kamu dibengkel atau di lab kamu akan mengerjakan apa yang siswa laki-laki kerjakan walaupun itu kebanyakan adalah pekrjaan pria. itu adalah resiko tersendiri yang harus saya atau kamu tanggung karena memilih bersekolah disini.

 

Apa peraturan di SMKN 3 Jombang itu ketat?

sangat ketat dari pengalaman saya hal yang paling ketat menurut saya adalah masalah rambut untuk siswa. Ini adalah hal yang tidak perlu saya takuti karena saya adalah seorang siswi tapi ini lucu. Tak jarang kamu akan menemukan siswa laki-laki yang rambutnya dicukur habis alias botak kayak lampu taman. biasanya pemeriksaan rambut akan dilakukan saat jam olahraga. Menurut saya sebagai siswi ini adalah hal yang paling menyenangkan hehehe... seperti bersenang-senang diatas penderitaan orang lain.

selain masalah peraturan ketat yang sering dilanggar lainnya adalah masalah celana. Di SMKN 3 Jombang celana tidak boleh dipensil dan celana minimal berdiameter 10. untuk siswa yang melanggar celanannya akan digunting/ disobek sampai lutut. Dan lagi-lagi sebagai siswi kita diuntungkan karena jika celana kita sedikit ketat kita hanya akan diperingati tapi jika terlalu ketat akan diberi sanksi juga. 

Memakai riasan atau make up adalah hal yang sering dilanggar oleh siswi. Walaupun di SMKN 3 Jombang kamu akan sangat jarang melihat teman atau kakak kelas yang memakai make up mungkin ada satu dua saja tapi tetap saja masih ada yang melanggar. tapi sanksi untuk hal ini cukup ringan yaitu hanya menghapus make up yang kalian pakai.

 

Jurusan apa yang paling diminati oleh siswi perumpuan?

Sejauh ini di angkatan saya kelas atau jurusan yang paling diminati oleh siswi perempuan adalah DPIB (Desain Permodelan dan Informasi Bangunan) yang memiliki kurang lebih sekitar 30 siswi perempuan di 2 kelas. 10 Siswi di jurusan BKP(Bisnis Kostruksi dan Properti) di 2 kelas. 10 Siswi di jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) di 2 kelas. 5 siswi di TGM(Teknik Geomatika) di 1 kelas,3 siswi di TAV(Teknik Audio dan Video) 2 siswi di TITL(Teknik Instalasi Tenaga Listrik). Dan 1 siswi di TPM(Teknik Permesinan). Dan dari total ada kurang lebih 60 siswi perempuan di angkatan saya. Jadi kalau dalam angkatan siswi perempuan 10% dan siswa laki-laki 90%. 

 

Kesan dan pesan?

Kesan saya adalah menjadi siswi dan bagian di SMKN 3 Jombang adalah hal yang menurut saya menyenangkan. Disini saya bertemu dengan banyak orang baru dan disini saya juga banyak belajar ilmu yang baru. walaupun saya awalnya agak kesulitan dala beradaptasi tapi banyak juga teman yang  membantu saya sehingga beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan tugas sekolah menjadi lebih mudah dan menyenangkan. 

Pesan saya semoga SMKN 3 Jombang menjadi semakin lebih baik lagi kedepannya.

Dan untuk siswi SMP yang ingin daftar atau yang ingin menjadi siswi SMKN 3 Jombang jangan takut mencoba hal baru ya,disini juga banyak siswi perempuan yang terdaftar kok hehehe.

 

 

Cukup sekian pengalaman yang saya berikan kurang lebihnya mohon maaf ya.

Wassalamualaikum...













 

Komentar

  1. Dari jumlah kata sudah banyak. Semoga bisa seger terindex oleh google

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPDB SMKN 3 JOMBANG 2021/2022

TRAINING TKPK 1 TERBUKTI KUALITASNYA